WordPress contact form plugin

Facebook Posts

MASIH KEBURUUUUU buat belanja manjaaaah di HARBOLNAS ACCURATE ONLINE! Ayo dong masa 2018 orang-orang udah canggih, Anda masih ajaaa pusing ngatur data keuangan! ... See MoreSee Less

View on Facebook

Tenang, Urus Pajak Bisnis Bakal Dibantu Pemerintah, kok

Terkadang Anda sebagai pelaku bisnis memiliki banyak masalah yang datang. Entah dalam mengelola bisnis tersebut, memasarkan, bahkan faktor internal seperti pengaturan stok, sampai ke pembayaran pajak. Tidak sedikit pelaku bisnis yang masih kebingungan mengenai permasalahan ini. Lalu, apa kata pemerintah mengenai kebingungan pelaku UKM dalam merespon masalah pajak?

Giphy

Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia telah mendukung segala kalangan masyarakat dalam mendirikan bisnis, terutama pada sektor usaha mikro dan kecil. Hal yang dapat Anda lakukan sebenarnya cukup sederhana, yaitu mendaftarkan bisnis usaha Anda secara online sebelum memulai usaha.

Hal tersebut diungkapkan lebih lanjut oleh Sekretaris Kemenkop dan UKM Agus Muharram. Bahkan, mengenai masalah pajak, ia mengaku bahwa belum mengetahui apakah pengusaha mikro dapat dibebankan pajak, sehingga pemerintah akan mulai menyelesaikan masalah tersebut.

“Apakah mikro kecil didaftarkan saja usahanya ini perlu pemikiran, karena saya belum tanya secara detail ke Ditjen Pajak kalau didaftar itu kena pajak enggak,” jelas Agus Muharram.

Agus Muharram mengingatkan berbagai kalangan baik pemerintah maupun masyarakat, bahwa Presiden Jokowi memberikan perintah terkait bisnis kecil dan mikro tersebut, untuk memberikan kemudahan bagi pelaku UKM dalam segi apa saja, terutama masalah perizinan.

Giphy

“Pak Jokowi ingin usaha mikro-kecil itu tidak perlu izin, didaftarkan saja. Nanti secara online di tempat tertentu di daftar. Saking pak Jokowi konsen ke sana,” kata Agus.

Sementara itu Wakil Ketua Umum Kadin bidang UMKM dan Koperasi, M Lutfi menegaskan bahwa anggota Kadin memang mayoritas merupakan kelompok usaha mikro dan kecil ini harus bekerjasama dengan pihak-pihak lain yang nantinya dapat saling membantu dan menguntungkan. “Bahwa Kadin akan menjadi persatuan bagi pencipta nilai tambah baru. Kadin juga ingin berkontribusi maka kami membayar pajak. Oleh sebab itu, Kadin ada untuk Indonesia,” ungkap M Lutfi.

Giphy

Solusi UKM.com berpesan bagi Anda yang baru ingin mulai memasuki dunia bisnis, atau justru Anda pelaku bisnis namun masih bimbang bahkan takut dengan persoalan pajak, kini tidak perlu khawatir karena sekarang pemerintah dengan instruksi Presiden Jokowi akan memudahkan sektor bisnis kecil dan menengah. Yang justru perlu Anda khawatirkan, adalah bagaimana Anda sebagai pelaku bisnis dapat melakukan pengawasan dan pengaturan secara baik mengenai keuangan internal bisnis Anda.

Rate This Article