WordPress contact form plugin

Facebook Posts

Astagaaa admin sampe ngakak nonton video iniiii! Ceritanya si pebisnis ngeyel bangettt ngga pisahin duit pribadi sama duit usaha. Eh, bener kannnnnn jadi masalah gedeeeee! Ngga percaya? Buruan tonton videonya! ... See MoreSee Less

View on Facebook

Haaaaaloooooo!

Saatnya pengumuman pemenang kuis video #AccurateMan buat dapetin VOUCHER NONTON di XXI Rp. 200.000,- dan PULSA Rp. 50.000,-

Pemenang dipilih secara acak, untuk yang beruntung mendapatkan VOUCHER XXI 200K masing-masing untuk 2 orang adalah;

Wibi Sana Rachmat
Ellen Ardianti Soo

Untuk pemenang masing-masing pulsa Rp. 50.000,- adalah;

Toshiko Potoboda
Annisa Zainat Rahimi
Afifah Khairunnisa

----------------------------------------------------------------------

Untuk semua pemenang akan kami kirim direct message untuk memberikan alamat dan data pribadi. Yang belum menang, jangan sedih jangan gaau, coba di kesempatan selanjutnya, yaaaa! 😉😉😉😉
... See MoreSee Less

View on Facebook

ADD AKUN AKU YA ... See MoreSee Less

View on Facebook

Stock Opname: Metode Efektif Mengelola Persediaan Barang di Gudang

Suatu ketika, ada seorang pelanggan yang tertarik membeli barang A setelah ia melihat situs e-commerce Anda. Kemudian ia pun memesan barang tersebut dan membayarnya melalui online. Sayang, di luar dugaan, ternyata barang tersebut tidak ada di gudang sehingga Anda harus meminta maaf kepada konsumen dan mengembalikan uangnya. Fenomena seperti ini tidak jarang terjadi pada konsumen.

Konsumen yang kecewa dengan pelayanan tersebut bisa jadi tidak akan kembali lagi ke situs Anda. Jika banyak konsumen yang mengalami hal ini dari situs Anda, maka tentu saja hal ini akan berdampak pada penurunan tingkat penjualan. Kepuasan konsumen adalah yang utama. Hal itu bisa Anda dapatkan dari cara yang paling simpel yakni mengelola persediaan barang di gudang. Berikut cara efektif yang bisa Anda lakukan.

Menyusun SOP

Standard Operational Procedure tak hanya dibuat untuk melakukan aktivitas nyata di kantor ataupun pabrik, tapi juga sangat penting untuk kegiatan pergudangan. Dalam mengelola barang di gudang, ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan jadi segala sesuatunya juga harus dilakukan secara mendetail. Tak hanya tentang tata cara pengelompokan barang-barang, tapi juga mengenai masalah-masalah yang sering muncul dan cara menanganinya.

Selain itu, jika terjadi perubahan atau pemindahan barang atau ada barang yang baru, di mana sebaiknya meletakkannya, itu semua harus tertulis secara jelas di SOP. Jika setiap karyawan berpedoman pada SOP saat manajemen stok barang, maka semuanya akan berjalan secara sistematis dan jelas.

Mengecek Persediaan Secara Berkala

Apalagi jika perusahaan Anda adalah perusahaan yang besar dengan persediaan yang sangat banyak, maka pengecekan barang harus dilakukan secara berkala. Hal ini untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan. Dengan mengecek barang, Anda jadi tahu barang mana yang mengalami penurunan kualitas sehingga bisa segera memisahkannya dengan barang lain yang masih bagus. Jika tidak dipisahkan, maka ada kemungkinan barang yang rusak ini akan mempengaruhi barang lainnya yang masih bagus.

Hal tersebut tentu saja bisa menimbulkan kerugian, bukan? Selain itu, mengecek barang secara berkala juga bisa menjadi cara untuk menjaga kualitas barang yang akan diberikan ke konsumen. Dengan begitu, Anda bisa memastikan bahwa barang yang Anda berikan pada konsumen adalah yang terbaik sesuai kualitas yang Anda bicarakan.

Lakukan Stock Opname

Stock opname adalah upaya untuk mencocokkan catatan persediaan barang di gudang dengan jumlah aktual yang ada di gudang. Pencatatan ini berguna ketika akan melakukan pencatatan pembukuan atau penghitungan kekayaan bisnis. Dengan melakukan stock opname ini, Anda bisa tahu kondisi aktual gudang Anda. Anda pun jadi lebih mudah mengontrolnya.

Jika ternyata ditemukan ketidakcocokan antara catatan yang ada di buku dengan jumlah barang yang ada di gudang, Anda bisa berusaha mencari sebabnya. Bisa jadi ada transaksi yang belum masuk ke buku catatan.

Selain itu, hal ini untuk menghindari terjadinya kecurangan atau pencurian barang di gudang. Bisa juga jumlah barang yang tercatat lebih sedikit dari jumlah barang yang ada di gudang. Hal ini bisa jadi disebabkan karena ada barang yang belum dikirimkan ke konsumen sehingga jumlahnya berlebihan sedangkan transaksinya sudah tercatat. Stock opname sangat bermanfaat untuk mengontrol persediaan barang di gudang Anda.

Memberikan Kode untuk Setiap Produk

Meskipun setiap barang sudah da namanya, tapi akan lebih baik jika Anda memberikan produk khusus untuk lebih memudahkan karyawan Anda ketika menatanya. Kode tersebut bisa berupa inisial brand produk, warna, rasa (jika ada), dan masih banyak lagi. Pemberian kode ini selain memudahkan penyusunan barang, juga akan membuat proses transaksi lebih praktis.

Semisal jika ada pembeli membeli produk tersebut, Anda lebih mudah mengambilnya di gudang jika ada kode barangnya. Kode ini juga bisa menjadi pedoman dalam pengurutan abjad ketika mengelompokkan barang sehingga penyusunan barang menjadi lebih sistematis dan lebih mudah diambil saat dibutuhkan.

Mengelola persediaan barang di gudang selain untuk menjaga kepercayaan konsumen dalam jangka panjang, juga untuk menjaga kualitas barang itu sendiri sehingga Anda bisa memberikan yang terbaik untuk konsumen. Pelayanan distribusi serta penataan barang pun bisa lebih terjaga. Segala sesuatu yang terorganisir tentunya akan lebih baik, bukan? Jadi tunggu apa lagi, segera kelola persediaan gudang Anda sekarang juga.

Namun, sebagai pemilik usaha Anda juga harus mengetahui persediaan stock barang yang ada di gudang. Karena, bisa saja klien Anda menghubungi Anda secara langsung, dan jika Anda tidak mengetahui persediaan di gudang, maka itu akan sangat mengecewakan konsumen Anda. 

Untuk itu Anda memerlukan aplikasi stock barang yang mumpuni. Salah satu aplikasi stock barang yakni Accurate Online (AOL). AOL memang dikenal sebagai software akuntansi, tetapi fungsi AOL tidak hanya sekedar software akuntansi, tetapi memiliki fitur realtime stock yang bisa memantau persediaan barang Anda di gudang. Realtime stock ini cukup penting digunakan oleh pemilik usaha. Sehingga jadikanlah AOL sebagai aplikasi persediaan barang di gudang.

Rate This Article