WordPress contact form plugin

Facebook Posts

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: Error validating application. Application has been deleted.
Type: OAuthException
Code: 190
Please refer to our Error Message Reference.

Prospek Bisnis Kuliner di Indonesia

Anda berminat untuk menciptakan bisnis yang bergerak di bidang kuliner? Menurut Bondan Winarno, pengamat kuliner, berpendapat, bahwa bisnis kuliner di Indonesia saat ini masuk ke golongan bisnis yang aman. Hal ini lah yang memicu semakin banyaknya pengusaha yang menggeluti dunia kuliner ini. Ia pun menambahkan, “Bisnis kuliner begitu menjanjikan karena semua orang butuh makan. Tapi, menyajikan makanan saja tidak cukup sehingga diperlukan kemampuan lain. Bisnis ini sangat penting karena bisa meningkatkan ekonomi daerah, meskipun masuk ke ranah kuliner rumahan.”

Dengan semakin berkembangnya waktu, bisnis kuliner tidak hanya disajikan secara konvensional, namun  kini  banyak pengusaha pangan yang merambah dunia online dengan tujuan mempermudah jangkauan berbagai jenis konsumen. Parama Indonesia, sebuah lembaga pengakomodasi perusahaan startup mengemukakan sebuah data, bahwa sektor kuliner Indonesia tumbuh rata-rata tujuh hingga 14 persen per tahun dalam lima tahun terakhir. Menurut data tersebut, sektor minuman memiliki pertumbuhan paling pesat yaitu 14 persen per tahun dan angka tersebut memiliki kecenderungan untuk naik setiap tahunnya.

Menurut Agni Pratama, Direktur Parama Indonesia, mengatakan bahwa meningkatnya bisnis kuliner dipicu akibat kebutuhan masyarakat pada kota-kota besar yang kian meningkat. Selain faktor tersebut, pola hidup masyarakat yang memiliki kecenderungan untuk bekerja hingga malam hari, membuat mereka lebih sering memesan makanan secara delivery ketimbang makan di rumah. Apalagi, perilaku tersebut didukung oleh perkembangan teknologi yang memungkinkan untuk kita memesan makanan melalui jaringan internet.

Kebiasaan tersebut yang akhirnya dipandang berbagai pengusaha sebagai peluang yang menjanjikan. Tidak tanggung-tanggung, keuntungan yang dapat diraih sebuah bisnis kuliner online dapat mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) pun mencatat hal yang sama, bahwa bisnis kuliner Indonesia memberikan kontribusi terbesar untuk sektor ekonomi kreatif, diikuti dengan sektor lain seperti mode dan kerajinan. Data tersebut juga menjabarkan mengenai peluang gaya hidup yang akan ikut berkembang, yang mengarah pada pola makan yang dibutuhkan tidak hanya karena lapar, namun juga mencangkup gaya hidup.

Rate This Article