WordPress contact form plugin

Facebook Posts

Hai semua :)

Penasaran dengan bisnis apa sih yang kira - kira bakal booming di tahun 2018?

Kali ini, admin akan rutin share video mengenai Business Hacks dan di episode pertama, admin akan membahas "Ide Bisnis Tahun 2018"

Check this out!!
... See MoreSee Less

View on Facebook

Memahami Akuntansi Perpajakan Sebagai Strategi Menganalisa Pajak Usaha

Sejak tahun 1983, Indonesia sudah menerapkan sistem self assesment dalam perpajakan. Tentunya sangat membantu Wajib Pajak (WP) dalam menetapkan jumlah pajaknya yang ia tanggung secara mandiri. Prinsip tersebut dilakukan dengan penghitungan metode akuntansi perpajakan sebagai strategi menganalisa pajak usaha dan perusahaan.

Maksud dari strategi pajak bukan berarti Anda harus melakukan kecurangan dalam penentuan total pajak yang akan Anda bayarkan. Tetapi akuntansi perpajakan digunakan agar pembayaran pajak sesuai dengan regulasi yang berlaku dengan sistem perpajakan di Indonesia.

Sebab, akuntansi perpajakan memiliki peran untuk menangani, mencatat, dan mengkalkulasi serta menetapkan strategi pajak yang harus diambil oleh sebuah usaha atau perusahaan. Dengan menerapkan akuntansi pajak sebagai strategi menganalisa pajak usaha, maka akan diketahui jumlah pajak yang harus dibayarkan oleh si pemilik usaha.

Apa Sih Akuntansi Perpajakan?

Banyak yang mengira akuntansi hanyalah sebuah aktivitas pencatatan keuangan usaha. Akuntansi tidak sesempit itu, di akuntansi terdapat berbagai bidang lainnya salah satunya bidang akuntansi perpajakan yang sedang kita bahas.

Akuntansi perpajakan adalah salah satu cara untuk mengetahui jumlah pajak yang terhutang oleh si usaha ataupun oleh perusahaan. Dalam dunia pajak, memang tidak mengenal istilah akuntansi. Namun dikenal dengan istilah pembukuan dan pencatatan, tetapi sistem pajak saat ini mengharuskan sebuah usaha atau perusahaan memiliki dan menerapkan sistem akuntansi dengan baik. Pembukuan dan pencatatan merupakan salah satu aktivitas yang tidak bisa dilepaskan dari akuntansi.

Apa bentuk akhir dari akuntansi perpajakan? Akuntansi perpajakan akan menghasilkan sebuah laporan. Sama dengan akhir dari proses akuntansi yaitu laporan keuangan, sementara akuntansi pajak akan menghasilkan laporan perpajakan.

Bagaimana perhitungan pajak? Perhitungan pajak disesuaikan dengan peraturan perpajakan yang berlaku. Terkadang regulasi perpajakan selalu diganti dan disesuaikan pada kondisi tertentu, seperti pada tahun 2016 Pemerintah Indonesia melaksanakan tax amnesti, dimana WP tidak diharuskan untuk membayar pajak terhutang, sanksi administrasi, serta sanksi pidana.

Selain itu, regulasi lain yang dikeluarkan oleh pemerintah berkaitan dengan pajak usaha seperti para pemilik UKM yang omzetnya dalam satu tahun kurang dari Rp 4,8 miliar hanya membayar pajak sebesar 1 % dari omzet.

Dengan adanya regulasi tersebut, memudahkan pengusaha dalam mengelola akuntansi perpajakan mereka. Selama ini, banyak pengusaha yang takut terkena pajak usaha yang dianggap cukup besar, pada akhirnya pemerintah memilih untuk meringankan para pengusaha dalam membayar pajak usaha mereka dan Anda tidak perlu takut lagi dalam mengelola pajak usaha.

Rate This Article