WordPress contact form plugin

Facebook Posts

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: Error validating application. Application has been deleted.
Type: OAuthException
Code: 190
Please refer to our Error Message Reference.

Masalah Dasar Anak Muda yang Ingin Membangun Startup

Usai berhasil menimba ilmu formal, banyak lulusan universitas masih menerka-nerka jenis pekerjaan apa yang akan dikerjakan. Beberapa dari mereka asal mecoba dengan prinsip ‘yang penting bekerja’, ada pula yang sudah berkeinginan untuk mengasah bisnis dan ingin mendirikan bisnis. Salah satu pilihan yang banyak diminati generasi sekarang adalah untuk mendirikan startup. Apakah membangun startup akan begitu mudah? Beberapa hal yang masih luput dari perhitungan generasi muda yang ambisius namun belum dibekali oleh pengalaman mengakibatkan langkah-langkah yang dimabil terlalu beresiko dan gegabah.

Accurate Online, sebagai software pembukuan terpercaya Indonesia mencatat, bahwa anak muda yang berstatus fresh graduate yang akan membangun startup akan mengalami beberapa kendala seperti:

 

Awam Mengenai Situasi

Meskipun Anda sebagai fresh graduate sudah sering membaca buku mengenai startup dan entrepreneur, juga berulang kali mempelajari biografi para CEO startup sukses, bukan berarti Anda menjadi siap untuk mendirikan perusahaan startup. Lingkungan sebenarnya sering kali memiliki perbedaan dengan apa yang sudah dirangkum dalam buku. Ditambah jika situasi asli benar-benar dialami akan lebih Anda pahami, setidaknya kesalahan apa yang telah Anda perbuat dan solusi yang telah dirundingkan bersama dengan tim. Penting bagi Anda untuk merasakan langsung ekosistem, dan juga cara kerja setiap bagian dari kantor startup.

Konsep Dasar yang Masih Mentah

Seperti yang dilansir Techinasia, Co-Founder dari Adplus dan Brightstars, Pandu Wirawan Arief berpendapat bahwa kebanyakan startup yang masih “hijau” hanya terfokus kepada pemikiran bagaimana menciptakan produk keren, dan cenderung lupa merumuskan bagaimana mendapat profit dari barang atau jasa yang mereka ciptakan. Hal ini jelas bisa berakibat fatal, dikarenakan profit merupakan salah satu tujuan yang sangat dibutuhkan untuk membuat startup tetap berlangsung hidup, doitambah jika memiliki karyawan yang harus diberi gaji, juga biaya kantor dan hariannya. Menurut Pandu,  untuk membangun startup yang sukses diperlukan pengalaman menjalankan sebuah organisasi yang menghasilkan laba. Bagaimana cara mendapatkan uang, mengelola karyawannya, dan lain-lain.  Investor dapat menjadi pilihan atas masalah pendanaan, namun perlu diingat, bahwa startup juga perlu untuk mandiri berdiri sendiri tanpa mengharapkan bantuan pendanaan.

Ciptakan Transformasi

Bukan berarti memiliki inovasi merupakan hal yang buruk, namun hal tersebut memiliki kecenderungan untuk membutuhkan banyak biaya dan waktu agar masyarakat terbiasa dengan inovasi tersebut. Sebagai alternatif, Anda dapat mengadaptasi hal yang sudah berhasil di Indonesia, maupun di luar, lalu melakukan rombakan yang membuat brand Anda terlihat unik dan berbeda. Dengan melakukan sedikit perombakan, usaha yang Anda perlukan untuk  melakukan pengenalan terhadap masyarakat menjadi lebih mudah karena pada dasarnya masyarakat sudah terbiasa sebelumnya. Amati dengan seksama sistem yang menjadi inspirasi Anda, lalu adaptasikan pada brand Anda.

Brainstorming yang Kuat

Pilih dengan seksama siapa saja yang akan Anda jadikan sebagai tim, karena pertukaran ide dan pendapat terhadap orang yang memiliki kualitas benar-benar dapat menjadi solusi sebuah masalah yang akan dihadapi oleh startup Anda. Awali dengan santai bersama lingkungan teman, kolega, yang Anda percaya memiliki kemampuan tersebut, sehingga dapat Anda nilai jenis rekan seperti apa yang cocok dan memiliki visi misi yang sama.

 

Rate This Article