WordPress contact form plugin

Facebook Posts

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: Error validating application. Application has been deleted.
Type: OAuthException
Code: 190
Please refer to our Error Message Reference.

Hartono Bersaudara Masih menduduki Kursi Orang Terkaya Nomor 1 Di RI, Apa Saja Usahanya?

Baru-baru ini majalah Forbes mengeluarkan daftar orang terkaya di Indonesia. Tentunya hampir semua masyarakat Indonesia telah mengetahui siapa saja 50 orang yang masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia. Tentunya pertanyaan banyak orang, siapa orang kaya nomor wahid di nusantara ini. Nama Hartono bersaudara masih bertengger di urutan pertama. Siapakah mereka? Mengapa mereka menjadi orang terkaya di Indonesia dan apa sih usahanya, coba kita ulik.

Nama Hartono bersaudara, yakni Robert Budi dan Michael Hartono adalah orang yang ada di posisi puncak orang terkaya di Indonesia. Posisi keduanya belum pernah tergeserkan selama sembilan tahun. Selama sembilan tahun itulah mereka selalu menjadi orang terkaya di Indonesia.

Pada tahun 2017 ini, kekayaan Hartono bersaudara mencapai US$ 32,3 miliar atau sekitar Rp 436 triliun. Padahal kekayaan mereka di tahun 2016 hanya US$ 17,1 miliar. Kekayaan di tahun 2017 naik hampir 50 %. Dengan total kekayaan tersebut, Hartono bersaudara menempati posisi kelima keluarga terkaya di kawasan Asia.

Tentunya Anda akan bertanya-tanya, apa usaha keduanya hingga menjadikan keduanya menjadi orang terkaya yang tidak tergantikan hampir satu dekade. Budi dan Michael dikenal hanya memiliki dua jenis usaha yakni perbankan dan industri rokok. Padahal usaha mereka tidak hanya dua industri tersebut.

Usaha Milik Hartono Bersaudara

Industri Perbankan

Bank BCA merupakan bank yang dimiliki oleh Hartono bersaudara. Foto: Panoramio.com

Digadang-gadang, perbankan inilah yang membuat kekayaan Hartono bersaudara meningkat. Dimana bank BCA (Bank Central Asia) yang dimilikinya, mengalami kenaikan harga saham hingga 50 %. Mengingat pada triwulan pertama 2017, Bank BCA mencatatkan laba bersih yang mencapai angka Rp 5 triliun, padahal tahun sebelumnya laba bersih BCA hanya Rp 4,5 triliun sehingga mengalami kenaikan sebesar 10,7 %. Bahkan di kuartal ketiga Bank BCA membukukan Rp 16,8 triliun laba bersihnya.

Kenaikan saham BCA tersebut menyumbang sekitar dua pertiga kekayaan keduanya. Apa lagi, keduanya sempat menaikan kepemilikan saham di BCA pada April 2017 dari sebelumnya 47% menjadi 55%. Saat ini total aset yang dimiliki oleh BCA mencapai angka Rp 600 triliun lebih.

Industri Rokok

Sejak dahulu, Hartono bersaudara dikenal sebagai pengusaha industri rokok. Hampir sebagian besar kekayaannya diperoleh dari industri rokok dibawah naungan Djarum Grup. Meskipun perusahaan rokok yang dibangunnya merupakan warisan dari orang tuanya. Terlebih, pada saat diberikan kepada Hartono bersaudara, pabrik Djarum pada tahun 1963 mengalami kebakaran hebat, kini Djarum sudah merangkak menjadi perusahaan raksasa saat di nakhodai oleh Robert dan Michael Hartono.

Bahkan pembelian saham BCA saat krisis keuangan di tahun 1997-1998 dihasilkan dari hasil yang didapatkan dari Djarum Grup.

Besarnya industri rokok ini juga mendorong kekayaan Hartono bersaudara. Bahkan Djarum masih menguasai industri rokok di Indonesia. Merek Djarum pun menjadi sponsor resmi bulutangkis di Indonesia, dan telah menghasilkan atlet-atlet profesional Indonesia. Namun, karena banyaknya perdebatan perusahaan rokok menjadi sponsor bulutangkis, sejak 2014 sponsor bulutangkis Indonesia digantikan oleh BCA yang masih dibawah naungan Hartono bersaudara.

Properti

Grand Indonesia mall, salah satu bisnis properti yang dimiliki oleh orang terkaya nomor satu di Indonesia. Foto: Easybook.com

Usaha di bidang properti oleh Hartono bersaudara ini memang jarang ada yang mengetahui. Padahal mereka memiliki beberapa bisnis properti yang berada di kawasan elite Jakarta. Seperti Mall Grand Indonesia, mall Daan Mogot, dan perumahan di daerah Karawang menjadi salah satu usaha yang digeluti oleh grup bisnis Hartono bersaudara.

Perkebunan

Bos Djarum tersebut ternyata tidak hanya fokus pada industri rokok dan perbankan, mereka pun memiliki grup bisnis perkebunan sawit dan hutan tanaman industri (HTI) di Kalimantan Barat dan timur dibawah PT Hartono Plantation Indonesia. Sementara untuk HTI kayu dikhususkan untuk industri kertas. Perusahaan ini memiliki lahan sekitar 70 ribu hektar.

Start Up dan Perusahaan Perangkat Game

Razer, salah satu perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh Hartono bersaudara. Foto: themerkle.com

Berkembangnya dunia digital pun menjadi lirikan Grup Djarum yang dimiliki oleh Hartono Bersaudara. Mereka memiliki situs belanja online yakni Blibli.com, dan forum terbesar di Indonesia yakni Kaskus yang telah diakuisisi sejak tahun 2013.

Selain itu, pada 12 Juni 2017, Blibli yang berada dibawah Grup Djarum mencaplok start up travel agent dengan mengakuisisi 100% Tiket.com. Tidak ada yang mengetahui berapa kocek yang harus dikeluarkan oleh Blibli.com untuk mencaplok Tiket.com.

Selain kedua usaha itu, tak ada yang menyangka bahwa Bos Djarum memiliki saham di perusahaan perangkat game asal Singapura, Razer. Hartono bersaudara membeli Razer melalui saham IPO dengan nilai US$ 33 juta atau setara dengan Rp 445 miliar.

Elektronik

Anda pasti pernah atau memakai produk Polytron. Ternyata produk ini bukan milik Jepang loh. Produk Polytron merupakan produk elektronik yang dimiliki oleh Hartono bersaudara. Produk tersebut fokus pada produksi televisi LED, AC, Kulkas, dan sekarang sedang merambah pada Smartphone. Polytron merupakan salah satu perusahaan yang dimiliki oleh grup Djarum.

Usaha milik orang terkaya nomor satu di Indonesia, ternyata tidak hanya dengan dua industri saja. Kedua saudara tersebut, yakni Budi dan Michael Hartono memiliki usaha-usaha lain yang sudah cukup besar juga di Indonesia. Dan usaha tersebut menghantarkan mereka menjadi orang terkaya nomor wahid di negeri ini.

Rate This Article