WordPress contact form plugin

Facebook Posts

Hai semua :)

Penasaran dengan bisnis apa sih yang kira - kira bakal booming di tahun 2018?

Kali ini, admin akan rutin share video mengenai Business Hacks dan di episode pertama, admin akan membahas "Ide Bisnis Tahun 2018"

Check this out!!
... See MoreSee Less

View on Facebook

Format Digital Harus Diikuti, Bukan Dilawan oleh Pelaku UKM

Perkembangan sosial media saat ini semakin bertumbuh fungsi dan kegunaannya. Tidak hanya untuk berinteraksi, saat ini media sosial sudah menjadi bagian dari fungsi bisnis, politik, bahkan banyak juga yang menggunakannya sebagai media syiar agama. Hal ini terlihat pada aktivitas sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram yang saat ini ramai digunakan masyarakat.

Selain masyarakat, banyak pula perusahaan atau brand yang menciptakan persona sosial media sebagai jembatan untuk menjangkau konsumen sebagai alat berkomunikasi dan promosi. Mereka pada akhirnya berlomba-lomba untuk memanfaatkan internet untuk semakin dikenal dan disukai oleh konsumen.

Dalam sebuah acara diskusi bertema ‘How UKM Strive & Adapt in Digital Era’ pada Grand Launching Software Pembukuan Accurate Online bersama Pandji Pragiwaksono dan Noor Al Kautsar (Ucay), Pandji mengatakan, “Kita juga membutuhkan komunikasi dengan konsumen untuk memberikan informasi yang tepat terkait merek dan produk kita,”. Talkshow yang diadakan di Conclave, Jakarta Selatan ini menguak mengenai bagaimana mereka memanfaatkan dunia digital sebagai alat mengembangkan bisnis.

Kita mengenal Pandji Pragiwaksono sebagai sosok multi talenta. Selain aktivitasnya sebagai public figure, Pandji juga kini merambah dunia komika melalui stand up comedy. Tidak hanya itu, Pandji juga dengan gencar mendirikan bisnis online dengan nama WSYDNshop.com, yang isinya menjual karya-karya Pandji dalam format digital.

Meskipun begitu, Pandji bercerita bahwa ia pernah mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnisnya. Terlebih di tahun 2015,  saat daya beli masyarakat turun dan ia mengaku mengalami penurunan dalam menghasilkan karya, yang tentu berpengaruh besar pada sumber pendapatannya.  Ia tidak lantas membiarkan keterpurukan menjadi penghambat karirnya, Pandji kembali bangkit melalui toko online WSYDNshop.com yang bahkan  saat ini bisnis tersebut mengalami perkembangan yang pesat, sehingga tidak hanya berbentuk website saja, namun juga rajin merambah event offline dan aktif dalam berbagai media sosial.

“Ketika kita melakukan penjualan secara online, maka akan cukup banyak konsumen yang lebih interaktif dalam menanyakan produk yang kita jual. Sehingga, kehadiran digital media saat ini harus mengikuti perubahan tersebut. Digital itu hanya format yang berbeda dari sebuah alat yang sudah ada. Digital harus dimanfaatkan, karena platformnya gratis. Digital bukan untuk kita lawan, tetapi perubahan format tersebut harus kita ikuti,” terang Pandji mengenai fenomena digital yang kian hari semakin kuat di acara Grandlaunch Accurate Online

Hal tersebut juga yang disetujui oleh Ucay. Sebagai salah satu pemilik produk sepatu lokal xFYCx Footwear, ia menegaskan penggunaan sosial media sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha saat ini. “Sosial media itu menjadi fasilitas yang paling mudah untuk mengetahui pangsa pasar kita. Penggunaan sosial media sudah harus, hukumnya wajib ‘ain,” tambah Ucay yang disambut gelak tawa dari para peserta diskusi dalam rangkaian acara Grandlauch Accurate Online.

Rate This Article