WordPress contact form plugin

Facebook Posts

MASIH KEBURUUUUU buat belanja manjaaaah di HARBOLNAS ACCURATE ONLINE! Ayo dong masa 2018 orang-orang udah canggih, Anda masih ajaaa pusing ngatur data keuangan! ... See MoreSee Less

View on Facebook

9 Cara Sederhana Membangun Bisnis UKM Tanpa Modal

Ingin memulai UKM tapi belum memiliki modal? Anda tak sebaiknya berkecil hati dan mengurungkan niat untuk membuka usaha tersebut. Pasalnya, hal tersebut bisa tercapai dengan cara-cara sederhana kembangkan UKM tanpa modal berikut ini.

Mulai dari Nol

Mungkin terkesan tidak mungkin untuk memulai UKM tanpa modal bila dimulai dari nol. Tapi itu bisa. Intinya adalah jangan berhutang dan tidak menginginkan keuntungan cepat.

Bila Anda berhutang, Anda tak akan segera dapat untung dan bisa jadi semua keuntungan Anda habis hanya untuk membayar hutang. Meski usaha Anda lancar dan besar, kalau hutangnya juga besar akan sama saja. Anda bisa memulai dulu dengan bisnis sampingan seperti online shop untuk menumpuk modal dari bisnis idaman Anda.

Pilih yang Anda Sukai

Bila Anda berkesempatan untuk mengambil bisnis UKM yang Anda sukai, sebaiknya ambil pilihan tersebut. Karena, melakukan sesuatu yang Anda sukai akan terasa lebih menyenangkan daripada yang tidak.

Namun bila pilihan tersebut tak bisa diambil (misal karena modal atau alat yang tidak ada) maka Anda tak sebaiknya memaksakan diri untuk mengambilnya.

Ambil Risiko

Jangan takut untuk mengambil risiko ketika Anda baru mengembangkan UKM tanpa modal, karena tanpa mengambil risiko Anda tak akan mendapatkan hasil yang sempurna.

 Namun, bukan berarti Anda harus ceroboh. Tetap pikirkan baik-baik risiko tersebut sebelum Anda memutuskan untuk mengambilnya. Apakah hasilnya akan fatal? Ataukah Anda kira-kira masih bisa mendapatkan untung setelahnya?

Tidak Ikuti Tren dengan Mudah

Salah satu hal yang kerap dilakukan oleh orang yang ingin membangun UKM adalah melihat tren dan langsung mengikutinya. Berharap mereka akan mendapatkan keuntungan instan. Padahal keuntungan tersebut tak akan didapat tanpa ide-ide baru dari apa yang sudah tren.

Tidak semua yang tren bisa membuat Anda mendapatkan untung secara cepat, karena pesaingnya pun sangat tinggi. Apalagi bila para saingan Anda memiliki ide-ide menarik yang berbeda meski jualan utamanya sama.

Memiliki Ide Menarik, Tak Harus Orisinal

Sama seperti poin sebelumnya, ide yang menarik untuk UKM Anda tak harus orisinal. Anda bisa mengusung dari apa yang sedang tren lalu membuat sesuatu yang berbeda dari hal tersebut. Seperti pisang nugget isi coklat atau yang lainnya. Intinya, Anda tetap berjualan yang sedang tren, bila memang ingin usaha yang seperti itu, namun ide ada tetap menaik agar konsumen tertarik untuk membeli apa yang Anda jual.

Manfaatkan Peluang

Bila Anda mendapatkan peluang seperti ikut di sebuah acara secara gratis, maka tak sebaiknya Anda menyia-nyiakan peluang tersebut. Sebab, bisa jadi peluang ini adalah jalan untuk bertemu dengan konsumen yang lebih besar.

Mengikuti acara-acara dengan banyak pengunjung memang tidak menjamin keuntungan, namun ada baiknya Anda untuk mencoba mengikutinya. Dengan begitu, para konsumen akan mengenal Anda.

Jangan Takut dengan Saingan

Saingan banyak bukan berarti Anda tak bisa sukses, saingan sedikit juga tak berarti Anda akan sukses. Karena itu Anda tak sebaiknya ciut dengan usaha Anda ketika Anda tahu bahwa usaha Anda memiliki saingan. Saingan justru bisa membuat Anda makin rajin dalam berinovasi. Memacu Anda untuk lebih sukses ke depannya.

Jangan Putus Ketika Dapat Masalah

Ketika Anda mendapati masalah pada usaha Anda (namun tidak bangkrut) sebaiknya Anda tidak segera memutuskan untuk menutup usaha tersebut. Pasalnya, ini hanyalah fase yang bisa Anda lalui dan akan membuat Anda belajar tentang bisnis yang baik.

Apalagi, bila usaha Anda sudah sukses, maka tak sebaiknya Anda meninggalkan usaha tersebut. Banyak juga pengusaha UKM yang menutup usaha pertamanya untuk membuka usaha baru. Namun bila Anda yakin dengan usaha pertama Anda, sebaiknya tetap jalankan saja.

Disiplin

Semua yang Anda lakukan tak ada artinya bila Anda tak disiplin dalam melakukannya, termasuk UKM. Seperti kalimat kekinian, “Jangan kasih kendor,” Anda pun tak sebaiknya kendor dalam menjalankan usaha Anda. Dengan kedisiplinan, Anda akan belajar banyak hal dan bisnis Anda akan menjadi konsisten.

Demikian saran sederhana mengembangkan bisnis UKM tanpa modal dari SolusiUKM, semoga dapat membantu Anda semua yang ingin segera melancarkan usaha.

Rate This Article