WordPress contact form plugin

Facebook Posts

Hai semua :)

Penasaran dengan bisnis apa sih yang kira - kira bakal booming di tahun 2018?

Kali ini, admin akan rutin share video mengenai Business Hacks dan di episode pertama, admin akan membahas "Ide Bisnis Tahun 2018"

Check this out!!
... See MoreSee Less

View on Facebook

Bagaimana Traveloka Menjadi Startup Raksasa Indonesia

Perkembangan perusahaan rintisan startup pada negara Indonesia kini semakin membanggakan. Terlebih dengan semakin banyaknya perusahaan startup baru atau lama yang terus menerus diberikan suntikan dana oleh investor dalam maupun luar negeri. Dengan melonjaknya pengguna internet Indonesia, ditambah dengan masyarakat kelas menengah yang semakin meningkat, membawa keputusan bahwa pada akhirnya banyak pengusaha yang berniat atau bahkan sudah mendirikan startup.

 

Masyarakat pun kini mengalami pergeseran prioritas konsumsi. Accurate Online mencatat, melalui data milik Nielsen Global Consumer Survey bahwa masyarakat kini juga memprioritaskan hal-hal seperti gaya hidup, terutama traveling atau berlibur sebanyak 37% responden sebagai prioritas kedua pengeluaran mereka setelah menabung (74%).

 

Dengan berbagai fakta tersebut, banyak industri-industri di Indonesia yang ikut pula terkena dampak baiknya, salah satunya termasuk perkembangan industri pesawat terbang di Indonesia yang mulai merambah LCC (Low cost carrier). Kehadiran LCC membuat masyarakat lebih memilih menggunakan pesawat terbang untuk bepergian dengan waktu singkat dan sebagai opsi terbaik untuk transportasi jauh dengan harga terjangkau. International Airline Travel Association mengatakan bahwa pada tahun 2034, China, India, dan Indonesia akan menjadi tiga dari lima pasar yang mengalami pertumbuhan paling cepat dalam hal jumlah penumpang pesawat udara setiap tahunnya. Pada saat itu, jumlah penumpang baru di China akan mencapai 856 juta, di India akan ada lebih dari 266 juta, dan Indonesia 183 juta penumpang. Angka tersebut tentunya menunjukkan betapa besarnya potensi bagi startup teknologi.

 

Kendalanya, dahulu sebelum situs booking online tiket pesawat menjadi pilihan, kita harus membeli tiket pesawat dengan datang ke bandara atau ke agen-agen perjalanan yang menjual tiket tersebut, dan tentunya sangat tidak praktis dan rumit. Masalah tersebut yang membuat Ferry Unardi menciptakan situs booking tiket pesawat secara online. Ferry mengaku, mendirikan Traveloka karena merasa jengkel dengan sistem booking tiket pesawat yang cenderung tidak efisien.

 

Kehadiran Traveloka tentunya tidak semulus yang diperkirakan. Ferry bersama delapan orang timnya harus bisa merayu perusahaan maskapai penerbangan yang pada awalnya tidak tertarik untuk bekerjasama dengan tim Traveloka. Namun Ferry dan kawan-kawannya tidak patah arang. Mereka terus berusaha agar perusahaan maskapai-maskapai tersebut tertarik untuk bekerjasama dengan Traveloka. Ia memiliki strategi untuk mengatasi masalah ini dengan fokus pada perusahaan fisik dan online. “Jika Anda membangun pelayanan yang baik, orang-orang akan datang,” ucap Ferry.

 

Source: SWA

Pada awal berdirinya yakni tahun 2012 Traveloka hanyalah sebuah situs pencari dan pembanding tiket pesawat. Tetapi Ferry menganggap, orang-orang tidak hanya ingin mencari dan membandingkan tiket pesawat secara online, namun ingin juga memesan tiket pesawat secara online. Sehingga pada pertengahan 2013, Traveloka menjadi situs reservasi tiket pesawat dengan sistem online.

 

Kerja keras tim Traveloka membuahkan hasil. Kini, Traveloka menjadi perusahaan unicorn pertama di Indonesia, COmScore, sebuah perusahaan penyedia data dan analisis pasar asal Amerika Serikat mengkonfirmasi bahwa Traveloka berada di peringkat pertama untuk layanan pencarian dan pemesanan tiket pesawat, di luar situs resmi tiap maskapai. Lanskap agensi travel online di Indonesia memang bisa dibilang masih relatif kecil. Namun, pertumbuhan terus terjadi, karena 10 persen dari total penjualan tiket pesawat pada tahun 2013 dilakukan secara online, dengan kunjungan sebanyak 250.000 setiap harinya.

Source: Salah satu promo Traveloka

 

Semoga kisah di atas menjadi sebuah inspirasi dan penyemangat bagi Anda yang baru ingin memulai atau justru telah berkecimpung pada dunia bisnis startup agar tidak mudah menyerah dan tetap berusaha semaksimal mungkin. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi website kami untuk selalu update mengenai berita startup setiap harinya, dan menggunakan sistem yang terpercaya untuk perusahaan Anda.

 

Rate This Article