WordPress contact form plugin

Facebook Posts

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: Error validating application. Application has been deleted.
Type: OAuthException
Code: 190
Please refer to our Error Message Reference.

5 Tips Content Marketing Keren Bagi Solopreneur

Membangun bisnis sendiri bukanlah hal yang semudah seperti membalik telapak tangan. Contohnya saja mendapatkan pelanggan. Hal ini pun berlaku bagi anda yang tengah membangun bisnis online. Pemasaran online (online marketing) merupakan tantangan yang amat besar bagi kebanyakan solopreneur. Misalnya anda harus mendesign sendiri sebuah website yang menarik perhatian pengunjung, menulis konten blog dan anda pun mulai mencoba untuk blogging. Niat awal adalah mendatangkan pengunjung dan traffic sepanjang mungkin namun hal itu tak kunjung datang. Lantas hal apa yang akan anda lakukan sebagai solopreneur?

Keberhasilan seorang solopreneur dalam melakukan online marketing tergantung pada kemampuan masuk dan menguasai pasar dengan efektif. Salah satu caranya adalah melakukan pemasaran content (Content Marketing). Cara ini terbukti bisa menarik pelanggan dengan cara anda membangun kredibilitas dan kepercayaan target konsumen bisnis anda. Content Marketing juga sangat berguna bagi solopreneur yang belum besar anggarannya untuk pemasaran.

Content Marketing juga sama seperti teknik pemasaran lain. Perlu cara dan teknik yang benar untuk melakukan Content Marketing. Tidak cukup dengan membangun sebuah website dan menaruh konten begitu saja dan berharap bisa mendapatkan pengunjung. Anda harus siap menyajikan konten yang baru dan informative secara berkala. Untuk itu, berikut lima hal yang perlu anda perhatikan ketika menggunakan Content Marketing sebagai strategi meingkatkan bisnis online anda terlebih anda seorang solopreneur.

1. Buatlah Konten yang Berkualitas Tinggi

Salah satu hal utama dalam melakukan Content Marketing adalah membuat setiap konten anda berkualitas tinggi. Membuat konten yang memiliki kualitas tinggi memang butuh banyak usaha namun pada akhirnya anda akan mendapatkan hasil yang tidak mengecewakan. Anda boleh memiliki banyak konten dan informasi yang dipajang di website, namun jika informasi tersebut tidak akurat, maka akan sedikit orang yang kemungkinan akan membagukan konten tersebut. Inti dari Content Marketing adalah bagaimana membuat banyak orang untuk menyebarkan atau membagikan materi yang terpasang di blog atau website anda sebanyak mungkin. Pikirkan konten yang anda miliki sebagai spora yang akan tumbuh menjadi tumbuhan baru ketika jatuh ditanah yang subur. Jika konten yang anda miliki berkualitas tinggi, maka audiens akan terus tumbuh.

 

2. Perhatikan SEO (Search Engine Optimization)

Tidak ada gunanya jika anda memiliki konten yang berkualitas tinggi namun tidak anda yang melihat bukan? Itulah mengapa anda juga harus memperhatikan SEO pada website anda. Mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo merupakan cara utama konsumen untuk menemukan produk dan jasa yang mereka butuhkan. Itu sebabnya anda tidak serta merta mengabaikan SEO. Ada banyak cara untuk menjadikan website memiliki rate tinggi di mesin pencarian. Anda pun perlu menemukan teknik yang terbaik yang anda implementasikan di website atau blog anda.

3. Maksimalkan Media Sosial

Hal lain yang dapat mempengaruhi SEO di masa sekarang ini adalah media sosial. Semua orang menggunakan media sosial saat ini dan itu merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk melakukan Content Marketing. Anda perlu mencari tahu platform media sosial mana yang terbaik untuk keperluan bisnis anda

 

4. Jangan ragu untuk mempekerjakan orang lain

Jangan menaruh mindset sebagai solopreneur anda harus bekerja sendirian. Tentu tidak selamanya anda bekerja sendirian. Ambil kasus bahwa bisnis online anda berjalan lancar dan banyak orang yang mengakes informasi dari website atau blog anda. Hal ini bisa memicu anda untuk membuat lebih banyak konten yang berkualitas tak sebatas konten tulisan atau konten yang selama ini anda jalani. Contohnya anda bisa menyajikan infografis atau konten video. Konten baru tersebut haruslah anda kuasai, namun jika anda tak menguasai design atau edit video anda bisa mempekerjakan orang lain untuk membuat konten gambar atau video untuk anda. Jangan membuang waktu untuk hal yang anda tidak kuasai, lebih baik putar modal untuk mempekerjakan designer atau editor untuk membantu anda dalam menjalankan bisnis online tersebut. Anda pun tidak membuang waktu dan hasil nya pun tidak main-main.

 

5. Gunakan Tools yang Tepat

Ada banyak tools khususnya dalam hal membangun website yang dapat menjadikan website anda sebagai mesin pencari uang. Contohnya jika anda fokus di bidang media atau e-commerce cari CMS (content management system) yang powerful. Pertimbangkan pula CMS yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan. Misalnya WordPress yang sekarang ini banyak diminati para pebisinis online.

 

Bisnis yang sukses sama artinya anda mendapatkan kepercayaan dari konsumen maupun calin konsumen anda. Anda perlu membangun hubungan dengan mereka (konsumen dan calon konsumen) seintensif mungkin. Content Marketing  bisa memberikan dampak karena anda bisa memberikan nilai kepada audiens anda tanpa mengharapkan imbalan apa pun. Anda mungkin tidak melihat hasil yang dramatis pada awalnya, tetapi jika Anda terus melakukannya, Anda akan menemukan bagaimana kuatnya pengaruh yang diberikan oleh Content Marketing.

Rate This Article