WordPress contact form plugin

Facebook Posts

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: Error validating application. Application has been deleted.
Type: OAuthException
Code: 190
Please refer to our Error Message Reference.

5 Tips Ampuh yang Akan Membantu Anda Menjadi Freelance Marketing Profesional

Menjadi seorang freelance marketing saat ini mungkin masih dianggap sebagai pekerjaan yang tidak menjanjikan. Terlebih, profesi ini belum banyak digeluti, karena masih banyak yang memandang sebelah mata. Tetapi, jika kamu merupakan seorang pekerja keras dan memiliki mental lebih keras dari baja, mungkin profesi freelance marketing bisa Anda geluti, disamping profesi utama Anda.

Sebagai seorang freelance marketing, mungkin profesi yang satu ini bisa Anda geluti untuk mendapatkan tambahan income. Selain itu, ada satu hal yang jarang diketahui oleh banyak orang mengenai pekerjaan seorang freelance marketing, yakni mereka bisa membantu orang lain dalam mengembangkan bisnis mereka atau membantu orang lain untuk mewujudkan mimpi mereka. Tentunya hal ini tidak hanya akan membantu keuangan Anda lebih baik, namun Anda bisa membantu orang lain untuk menjadi lebih baik, bukankah ini menarik? Selain dapet uang, Anda pun mendapatkan pahala.

Berikut beberapa tugas yang harus Anda lakukan untuk menjadi seorang freelance marketing. Sehingga Anda bisa menjadi freelance marketing yang profesional.  

Tugas pertama seorang freelance marketing?

Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan untuk menjadi seorang freelance marketing. Meskipun ini bukanlah hal mudah, tetapi jika Anda menjalankan dengan serius, maka Anda bisa mendapatkan konsumen lebih banyak dan pekerjaan freelance marketing menjadi suatu pekerjaan utama. Ini tugas pertama yang harus Anda lakukan ketika menjadi seorang freelance marketing:

  1. Menentukan segmentasi pasar
  2. Sejauhmana produk bisa di Akses
  3. Mengembangkan pemasaran produk

Memulai Menjadi Seorang Freelance Marketing

Memilih freelance marketing adalah pilihan Anda, tetapi ada hal yang harus Anda persiapkan sebelum menjadi dan memilih menjadi seorang freelance marketing.

Kenali Produk Anda

Kenali produk Anda. Foto:Prodpad

Tak mungkin Anda menjadi seorang freelance marketing, namun Anda tidak mengetahui produk yang Anda jual. Ini akan menjadi kesalahan fatal jika Anda sendiri tidak mengenali produk yang akan Anda tawarkan. Dengan mengenali produk, Anda bisa memberi penjelasan tentang solusi apa yang akan Anda berikan kepada calon-calon konsumen Anda dan mengapa konsumen harus memakai produk yang Anda miliki.

Memilih Niche

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih niche yang ingin Anda jual. Dengan memiliki niche, maka Anda bisa fokus untuk menjual produk Anda kepada kalangan tertentu saja, dan ini bisa membuat pendapatan Anda meningkat.

Misal, produk yang Anda jual adalah sebuah software akuntansi. Maka niche pelanggan yang harus Anda fokuskan adalah para pemilik UKM, akuntan, dan perusahaan-perusahaan yang sedang membutuhkan tools untuk merapihkan laporan keuangan mereka.

Dengan mempersempit niche, hal itu akan membuat Anda dipandang telah menguasai pasar dan tentunya sudah menguasai produk. Sehingga kredibiltas Anda tidak diragukan oleh para konsumen Anda. Disinilah pentingnya memilih niche.

Dengan menentukan niche, Anda bisa fokus menentukan target pasar Anda yang ada saat ini. Misal target pasar Anda adalah para usaha kecil dan UMKM jika Anda merupakan seorang freelance marketing software pembukuan, atau masyarakat kelas menengah jika Anda menjadi seorang freelance marketing properti.

Branding

Branding. Foto: ignitelab.com

Setelah Anda mengenali produk Anda, fitur produk, dan keunggulan dari produk Anda. Serta Anda mengetahui niche dari produk yang Anda miliki. Kini waktunya Anda melakukan branding, Anda bisa melakukan branding kepada para calon konsumen.

Dengan menggunakan cara komunikasi yang berbeda, dan solusi seperti apa yang akan Anda berikan dari produk yang Anda miliki. Maka Anda akan bisa berhasil merayu konsumen untuk menggunakan produk milik Anda. Terlebih jika Anda memiliki ulasan produk dari para konsumen yang sudah memakai produk Anda.

Tak perlu khawatir jika produk yang Anda miliki, tidak sekenal tim sepak bola. Karena efek tersebut tidak akan berlaku, jika Anda mendapatkan konsumen yang sesuai dengan niche produk yang Anda miliki. Disinilah peran seorang freelance marketing bisa Anda lakukan, Anda harus bisa mengkomunikasikan suatu pesan kepada konsumen Anda dengan baik mengenai produk yang Anda miliki.

Melakukan branding bukanlah hal mudah, dan bukan sekedar hal yang dilakukan satu dua kali berhasil. Namun Anda perlu melakukan branding dengan beberapa kali dan dengan menggunakan berbagai fasilitas yang tersedia saat ini, misal sosial media, video atau website sebagai cara membranding produk yang Anda jual.

Dapatkan Perhatian Pelanggan

Ketika Anda sudah mendapatkan pelanggan yang potensial dengan produk yang Anda jual, maka Anda harus mendapatkan perhatian dari mereka, dan buatlah mereka tertarik untuk menggunakan produk Anda.

Bagaimana jika pelanggan tertarik? Pelanggan yang tertarik dengan suatu produk bukan hanya dengan mengatakan “iya saya ingin mencoba produk Anda,” tetapi kadang ada pelanggan yang mengatakan, “saya ingin mempelajari produk Anda lebih jauh lagi.” Jika pelanggan Anda mengatakan hal tersebut, maka ia sudah tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

Adapun cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menarik pelanggan agar mau menggunakan produk yang Anda tawarkan, Anda harus memberi mereka tawaran yang menarik, seperti:

  • Informasi yang benar-benar diminati oleh konsumen
  • Jangan hanya memberikan harga murah, tapi berilah pelanggan nilai dari produk Anda
  • Berikan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan terhadap produk yang Anda jual

Jika pelanggan Anda tertarik dengan ketiga hal tersebut, Anda hanya perlu satu langkah lagi untuk berhasil menjual produk yang Anda miliki kepada konsumen Anda.

Saatnya Closing dan Buat Bisnis Anda Semakin Besar

Seorang freelance marketing, tentunya akan senang ketika ia telah mendapatkan pelanggan, terutama pelanggan pertama. Sebab, hal ini akan membuat Anda merasa berhasil menjadi freelance marketing.

Ketika keempat tahap diatas sudah berhasil Anda lakukan, maka waktunya Anda closing. Setelah pelanggan Anda sudah berniat membeli produk yang Anda jual, jangan pernah Anda memberikan harga dibawah dan mempermainkan harga yang sudah ditentukan diawal. Berilah harga yang wajar dan yang sudah ditentukan diawal, jangan pernah mempermainkan harga hanya untuk mendapatkan pelanggan dan pelanggan menggunakan produk Anda secara terus menerus.

Intinya, ketika Anda sudah berhasil melakukan penjualan. Maka Anda harus memberikan apa yang betul-betul dibutuhkan oleh pelanggan Anda. Dan selalu menjaga komunikasi kepada pelanggan serta tulus dalam membantu pelanggan Anda menggunakan produk, jika pelanggan Anda menemukan kendala setelah ia melakukan pembelian.

Itulah tahapan yang bisa Anda jalankan untuk menjadi seorang freelance marketing. Keberhasilan seorang freelance marketing, ketika Anda bisa berhasil mendapatkan pelanggan dan menjaga hubungan baik kepada pelanggan, agar pelanggan Anda selalu memakai produk yang Anda miliki. Jangan hanya puas dengan apa yang telah didapatkan, teruslah mencoba hal-hal baru yang bisa meningkatkan penjualan Anda, serta meningkatkan jumlah pelanggan. Semoga Sukses!

Rate This Article